9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Ngeblog

Dizaman era globalisasi ini, arus informasi dan teknologi semakin canggih dan semakin mudah kita akses.
Perlu-Dipersiapkan-Sebelum-Memulai-Ngeblog

Salah satunya adalah kegiatan ngeblog. Ngeblog merupakan salah satu cara pengungkapan pikiran, ide ataupun gagasan yang kita punya.

Tapi, sebelum melangkah langsung dalam dunia perbloggingan, maka ada bajibnya kamu mengetahui berbagai hal yang cukup penting yang perlu kamu persiapkan sejak dini sebelum melakukan aktivitas ngeblog. Kenapa? Alasannya karena, jika kita sudah mempersiapkan segalanya dengan lengkap maka kedepannya proses kegiatan ngeblog kamu berjalan lancar. Seperti apa persiapannya tersebut ?

#1. Niatkan Diri


Sebelum ngeblog, kamu wajib punya niat atau tekad ngeblog. Yang pastinya tidak setengah - setengah. Karena, bila kita melakukan sesuatu kegiatan setengah- setengah maka niscaya di tengah perjalanan akan mendapat sebuah jalan buntu.

Maka dari itu, niatkan diri kamu dulu dan coba sugesti diri kamu "aku harus bisa,aku serius dan aku harus melakukannya" coba ucapkan di dalam hati dengan semangat, maka kamu akan merasakan suatu sensasi yang luar biasa.

#2. Jadikan Ngeblog Sebagai Hobimu


Percayalah bila seseorang punya hobi dan hobi tersebut adalah sesuatu yang ia sukai dan otomatis ia menekuninya dan menjalani hobinya tersebut dengan sepenuh hati.

Begitu juga dengan ngeblog, sebelum melakukannya coba sukai dan masukkan ngeblog ke daftar hobimu. Maka dengan begitu kamu akan merasa senang dan menekuni hobi barumu ini dengan sepenuh hati.

#3. Perbanyak Membaca Artikel Tutorial Ngeblog


Niat sudah ada, ngeblog sudah jadi hobi. Maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membaca banyak tutorial yang berkaitan dengan aktivitas dan kegiatan blogging. Seperti contoh tutorial tentang membuat blog agar bisa jadi pringkat satu di google dan sebagainya.

Dengan membaca banyak totorial tentang blogging maka otomatis kamu punya ilmu dan pegangan buat nanti kalau sudah ngeblog. Selain itu juga kamu bisa mendapatkan sebuah postingan untuk dipublikasikan pada blog yang nanti kamu buat.

#4. Tentukan Satu Niche Atau Topik Yang Ingin Dibahas pada Blog


Bila semua yang di atas sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan niche atau topik yang ingin kamu bahas pada blog yang ingin kamu buat.

Kamu bisa memilih dari jutaan topik atau niche yang bertebaran disekitar kamu, mulai dari niche atau topik tentang Teknologi,Kesehatan,Karya Sastra,Puisi,Cerpen,Lifestyle,Resep Makanan, Tips dan Trik dan masih banyak lagi yang lainnya, saking banyaknya saya tidak bisa menyebutkan satu - satu dari jutaan niche yang bisa kamu pakau untuk blog kamu.

Ingat, pilihlah niche yang kamu kuasai dan bisa kamu paparkan tanpa beban dan niche yang kamu pilih sudah sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu punya.

#5. Menentukan Platform Yang Ingin Digunakan


Platform itu adalah tempat yang menyediakan fasilitas ngeblog. Bisa kamu lihat, sekarang saya lagi menggunakan platform Blogger. Bukan hanya blogger saja yang menyediakan tempat untuk ngeblog. Diluar sana masih banyak mulai dari platform blog builder lokal sampai platform blog builder populer. Bisa kamu cari di google artikel tentang platform blog builder.

#6. Menentukan Nama,alamat url dan Domain Blog


Selain itu yang harus kamu tentukan sejak dini adalah nama situs atau blog kamu apa,alamat urlnya seperti apa dan memakai domain premium atau gratis. Pilihan ada ditangan kamu.

Silakan pilih dan tentukan semua itu sesuai selera dan kesukaan kamu. Tapi, saran saya buatlah nama blog,url blog yang mengandung kata kunci yang sudah ditargetkan. Tujuannya agar blog yang kamu buat mampu bersaing di mesin pencarian nantinya.

Usahakan membuat nama dan url blog yang pendek,mudah diingat dan yang pastinya unik. Seperti nama dan url blog saya.

Untuk domain bebas, bisa menggunakan domain premium seperti .com , .net , .org , .co.id , .info , .biz , dan masih banyak lagi yang bisa kamu beli di reseler penyedia domain terpercaya atau bisa juga langsung membeli domain premium di tempat penyedia pembuatan domain premium seperti namecheap , webhosting , goddady dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang biasanya berbayar dan harganya tergantung dimana tempat kamu membelinya, bisa murah atau juga bisa mahal tergantung penjualnya.

Bila tidak punya uang untuk membeli domain premium kamu juga bisa kok menggunakan domain gratis atau lebih tepatnya subdomain yang biasanya langsung kamu dapat saat pertama kali mendaftar. Seperti contoh bisa kamu lihat pada address bar browser kamu.

#7. Menentukan Tampilan dan Template Blog


Tidak cukup hanya dengan domain blog, template dan tampilan blog juga sangat penting dalam memikat dan menarik minat pengunjung untuk berlama - lama di blog kamu. Maka dari ini carilah template yang menurut kamu cocok buat kamu. Kalau saran saya cari template yang simpel,ringan,responsive dan seofriendly.

#8. Memilih Bahasa Yang Ingin Digukan Pada Artikel


Pilihlah bahasa yang ingin kamu gunakan pada artikel yang ingin kamu buat. Karena di dunia internet ini banyak orang yang mungkin akan melihat postingan kamu.

Bila target kamu adalah orang - orang lokal atau pengunjung lokal maka gunakan bahasa indonesia. Bila malah sebaliknya dan target kamu adalah global pengunjung di seluruh dunia maka gunakan bahasa umum yakni bahasa ingris.

Tapi ingat, gunakanlah bahasa untuk postingan yang kamu kuasai dan jangan menggunakan bahasa yang tidak kamu kuasai dan tidak kamu mengerti.

#9. Menyiapkan Beberapa artikel Untuk Blog


Dan yang terakhir adalah menyiapkan sebuah postingan atau artikel. Karena, tidak enak rasanya bila blog yang kita buat tanpa isi alias kosong. Blognya kosong, terus pengunjung mau baca apa? Masak diam saja? Tidak bukan. Maka dari itu siapkanlah sebuah artikel yang sesuai niche blog kamu dan ingat jangan membuat artikel di luar niche alias gado - gado.

Bila artikel sudah dibuat maka langkah terakhir adalah mempublikasikannya dan mempromosikannya ke jejaring sosial yang ada, seperti facebook,twitter,google plus,instagram,dan sebagainya. Tujuannya agar blog yang baru kamu buat bisa dikenal teman,kerabat dan bahkan dunia.

Sekian postingan pada pertemuan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "9 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Ngeblog"

  1. mkasih bro, jadipikir-pikir lagi nih buat blog yang baik itu gimana hh..
    from blognya perawat

    BalasHapus