10 Cara Mudah Untuk Mengatasi Rasa Bosan Ngeblog

Bosan-Ngeblog-Lagi

Segala sesuatu yang dilakukan secara berulang - ulang dengan sesuatu yang sama pasti akan menumbuhkan rasa bosan, jenuh dan malas melakukan sesuatu itu.

Salah satunya adalah kegiatan ngeblog atau istilah kerennya blogging. Semua orang yang tergabung dalam lingkaran blog pasti pernah mengalami yang namanya rasa yang sangat mengganggu yakni bosan. Termasuk para master di luar sana, contoh blognya Mas Sugeng. Di blognya yang saya lihat sampai saat ini masih belum update artikel, hampir setahun tidak ada kabar baru dan artikel baru diblognya.

Mungkin Mas Sugeng sudah bosan sudah sekian lama ngeblog, bayangkan bertahun - tahun ia ngeblog, kalau tidak salah dari tahun 2014. Atau kemungkinan lain yang mengakibatkan blognya tidak update lagi adalah Mas Sugeng masih sendirian dan mungkin Mas Sugeng Mau mencari pendamping hidupnya. Kasian kan kalau terus sendirian.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Ngeblog


Terus, yang jadi pertanyaannya adalah Bagaimana cara menghilangkan rasa bosan ngeblog? jawabannya cukup sederhana sekali. Seperti apa caranya?

1. Membaca Tips - Tips Ngeblog
Bosan yang sedang kamu alami mungkin terjadi karena keterbatasan ilmu yang kamu miliki untuk bersaing dengan orang - orang seperopersi dengan kamu. Maka dari itu tambah ilmu kamu sejak dini, hingga mampu nanti kamu gunakan untuk senjata ampuh memerangi dan mengalahkan pesaing seperopesi dengan kamu dalam hal ini adalah orang - orang yang menggeluti bidang perbloggingan setopik dengan kamu.

Caranya cukup mudah yakni dengan cara membaca artikel dan postingan yang membahas tentang dunia perbloggingan. Contoh misalnya kamu ingin postingan dan artikel kamu bisa menduduki pringkat pertama di mesin pencarian. Maka carilah di mesin pencarian seperti google tentang "Syarat agar blog bisa jadi yang pertama di google" dan "cara agar blog menduduki posisi pertama di mesin pencarian"

Bila kamu ingin postingan yang kamu buat bagus dan enak dibaca oleh pengunjung maka carilah postingan yang membahas tentang "Tips supaya postingan enak dibaca" , "Cara menulis yang benar sesuai EYD" , dan "Penggunaan tanda titik dan koma yang benar" kamu bisa cari di mesin pencarian tentang semua hal itu agar intinya postingan kamu tertata rapi dan enak dibaca.

Dengan demikian kamu sudah memiliki rasa semangat dan percaya diri terhadap kemampuan kamu. Karena, saat ini kamu telah memiliki ilmu baru untuk dijadikan senjata ampuh untuk perang. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sebuah ide yang tidak terduga dari kegiatan mengunjung blog atau istilah lainnya adalah blogwalking. Bila sudah demikian langsung catat dalam kertas atau buku agar ide tersebut tidak terbang tersapu oleh angin.

2. Tulis Tentang Pengalaman Pribadi Kamu
Mingkin bosan yang kamu rasakan saat ini terjadi karena keterbatasan ide yang ingin dijadikan sebagai postingan. Atau mungkin kamu menemui jalan buntu saat menguraikan semua hal tentang ide yang kamu dapat, karena terlalu fokus dalam satu topik.

Bila sudah seperti itu maka ada baiknya untuk membuat topik atau niche baru untuk blog kamu. Sepert contoh pengalaman pribadi kamu.

Menurut saya niche ini sangat mudah diuraikan karena semua kejadian tersebut sudah terlebih dahulu dirasakan dan melekat di dalam pikiran.

Contohnya, cerita tentang mantan pacar kamu. Apa yang sedang dilakukan oleh mantan kamu sekarang? Seperti apa dia sekarang ? Dan apakah dia menyesal sudah menyia - nyiakan rasa cinta kamu itu? Seperti psikolog saja. Hehehe memang seperti pesikolog karena mainnya seperti seorang mata - mata yang medang memata - matai aktivitas dan keadaan seseorang.

Terus jika saya tidak mempunyai mantan bagaimana? Ya coba buat artikel postingan yang masih dalam kate gori pengalaman pribadi kamu. Seperti cara kamu gosok gigi, cara bangun tidur biar tepat waktu, cerita - cerita apes yang pernah kamu alami, dan masih banyak lagi yang lain. Pokoknya niche ini sangat luas yang bisa kamu jadikan niche baru dalam blog kamu.

3. Mengikuti Komunitas Blogger
Mungkin saja rasa bosan kamu itu terjadi karena kamu merasa di daerah kamu ini yang hanya jadi seorang blogger hanya kamu seorang diri. Tidak ada orang seperti teman,sahabat,kerabat dan keluarga yang menjadi seorang blogger.

Cobalah cari di kota dan daerah kamu tinggal tentang komunitas blogger. Bisa kamu cari di google. Biasanya disetiap daerah pasti ada komunitas yang dibentuk untuk menyalurkan ide yang sama serta mempertemukan orang - orang yang memiliki satu hobi. Maka dari itu cobalah untuk bergabung dengan komunitas tersebut.

Bila di daerah kamu belum terbentuk komunitas blogger, cobalah kamu buat komunitas kecil yang di dalamnya terdapat teman dan orang - orang yang memiliki blogging yang sama. Lambat laun komunitas yang kamu buat pasti ramai dan memiliki banyak anggota.

4. Refresing
Bila sudah merasa bosan sekali maka hal yang harus dilakukan adalah refresing atau liburan. Tujuannya untuk memulihkan kembali pikiran yang buntu.

Contoh refresing atau liburan yang bisa kamu lakukan adalah jalan - jalan entah kemana yang penting bisa menghilangkan rasa bosan. Selain itu kamu juga bisa pergi ke tempat keluarga atau orang tua. Silakan sekalian ajak adik,kakak,istri,suami, kalau punya anak ajak sekalian biar lebih seru.

Cobalah silaturahmi dan menjalin hubungan dengan mereka seperti melakukan makan bersama, ngbrol dan sebagainya yang bisa mendekatkan kamu dengan mereka.

Bila kamu sekarang tidak beristri atau bersuami maka cobalah untuk mengunjungi tempat wisata unik. Dari situ mungkin kamu mendapatkan sebuah ide baru untuk dijadikan postingan. Kalau seperti itu langsung saja catat dan simpan ide kamu itu dengan sebaik - baiknya.

5. Perbanyak Teman Blogger
Kamu bosan sendirian dan tidak punya teman curhat tentang masalah blogging. Alangkah baiknya kamu cari orang yang sehobi dengan kamu. Disitu kamu bisa curhat tentang masalah apa yang sedang kamu rasakan, nah pasti teman kamu tahu dan mengerti dan pada akhirnya memberi solusi sekaligus jalan keluar untuk menyelesaikan semua itu.

Maka dari itu perbanyaklah teman blogger kamu, agar suatu saat bisa kamu ajak kompromi dan curhat tentang masalah blogging.

6. Jadikan Kritik sebagai Pendorong Bukan Penghambat
Kadang kala sebuah kritik tentang blog kita sangat bermanfaat untuk menjadikan lebih baik lagi blog tersebut. Maka jangan langsung pedih ketika kamu mendapat kritik dan cacian pedas itu, tapi cobalah jadikan sebagai motivasi dan penggerak untuk membuat suatu hal yang baru dan untuk memperbaiki segala sesuatu yang ia kritiki.

7. Mencari Sumber Referensi
Otakmu buntu? Tidak ada salahnya kamu untuk membaca artikel - artikel yang dibuat oleh para blogger untuk dijadikan sebagai sumber refrensi. Tapi ingat jangan langsung copy lalu pastekan pada blog kamu. Cobalah pilah dulu poin - poin pentingnya saja lalu kembangkan poin - poin penting itu sesuai dengan jalan pemikiran kamu.

8. Cobalah Lakukan Pekerjaan Offline
Saat bosan tidak ada salahnya untuk beralih ke kegiatan yang baru. Umpama kamu sering bekerja online dan merasa bosan online terus, maka tidak ada salahnya beralih ke pekerjaan offline.

Seperti contoh jualan pulsa,jual bensin,jual sendal,jual sempak,dagangan,jadi photo grafer,buka warnet, jual baju,jual celana dan masih banyak lagi pekerjaan offline yang bisa kamu jadikan sumber acuan untuk membangun semangat ngeblog lagi.

Selain menambah sumber penghasilan mungkin suatu ketika kamu mendapatkan sebuah ide baru. Seperti saat ini kamu sedang jualan pulsa, berpikir dan pada akhirnya menemukan ide baru tentang pekerjaan offline yang kamu kerjakan, dapat ide tentang "cara jualan pulsa biar dapat banyak pelanggan" , "cara ampuh jualan pulsa sukses" , "cara jualan pulsa" dan masih banyak lagi ide - ide yang bisa kamu jadikan sebagai topik baru di dalam blog kamu.

9. Coba Ubah Bahasa Yang Kamu Gunakan
Bahasa yang terlalu kamu dan tidak bisa kamu gunakan secara optimal dalam postingan. Pada akhirnya otak buntu dan lebih memilih untuk berhenti ngeblog.

Agar tidak terjadi seperti itu, ubahlah gaya bahasa dalam artikel blog mu. Yang biasanya menggunakan bahasa indonesia yang sesuai dengan EYD menjadi bahasa alay, gaul dan lebih kekinian.

Apa salahnya mencoba jika hal itu menguntungkan bagi kita? Maka cobalah dan jangan berfikir bahwa mbah google tidak suka pada artikel yang kamu buat. Tapi sebaliknya mbah google lebih suka dengan postingan yang kaya akan informasi,masih virgin dan unik. Bukan artikel blog hasil copas dari blog lain.

Jadi intinya, gunakanlah bahasa yang sesuai dan kamu kuasai. Agar semua yang kamu buat lancar dan sesuai dengan apa yang kamu pikirkan.

10. Beri Motivasi Pada Diri Kamu
Kamu loyo dan tidak punya gairah untuk membuat sebuah postingan untuk blog? Cobalah berikan motivasi berupa sugesti positif ke dalam diri kamu. Agar diri kamu lebih semangat lagi untuk membuat sebuah artikel untuk blog.

Coba katakan dalam hati "Aku harus bisa,Saya ganteng,Saya Tampan,Saya Keren,Saya Hebat,Maka Dari itu saya harus bangkit!!!" coba katakan dengan semangat yang menggebu - gebu. Kamu juga bisa menulis kata - kata tersebut dalam kertas putih, lalu memasangnya di tempat yang sering kamu lihat seperti cermin.

Percayalah kamu bakal bangkit dan melakukan aktivitas ngeblog seperti pertama kalinya mengenal dunia blog.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Cara Mudah Untuk Mengatasi Rasa Bosan Ngeblog"

  1. kalo saya sih membaca tips malah tambah bosan gan hihi, mending tidur pasti ilang :D

    BalasHapus